ElektraNews.Com - Majalah Elektra

 

November 05, 2012 18:00

Manajemen kolam ikan

 

 

"Lebih baik jadi ikan besar di kolam kecil daripada menjadi ikan kecil di kolam besar, namun yang terbaik adalah berenang di kolam sendiri"

Kalimat diatas selalu disampaikan sebagai jawaban atas pertanyaan : Kenapa lu pindah kerja ?

Maksudnya, lebih baik jadi Manager di perusahaan kecil daripada jadi teknisi di perusahaan besar.

Memang, hampir semua perpindahan kerja terjadi atas orang yang bekerja di perusahaan besar untuk mendapatkan jabatan yang lebih baik di perusahaan kecil. Hampir tidak ada Manager di perusahaan kecil, mau jadi teknisi di perusahaan besar, walau gajinya lebih gede.

Di perusahaan besar, seorang karyawan hanya kebagian mengerjakan sedikit porsi dari keseluruhan pekerjaan di perusahaan tersebut. Katakanlah anda seorang teknisi di PT Telkom. Mungkin anda hanya menguasai jaringan dan mengurusi gangguan di jalanan dan di rumah pelanggan. Anda tidak akan tau masalah sentral, satelit, micro wave, dan ribuan masalah lainnya. Itu belum termasuk pekerjaan lain seperti akutansi, pemasaran, keuangan , hrd, ga dll. Akibatnya lebih sering orang yang bekerja di perusahaan besar lebih gamang / ragu untuk berwiraswasta karena porsi pekerjaan yang ia lakukan sangat kecil daripada keseluruhan pekerjaan. Akhirnya paling ia bilang : Apa gua bisa yaaa....

Berbeda dengan itu, jika anda bekerja di perusahaan kecil, anda akan dengan mudahnya melihat dan mempelajari keseluruhan perusahaan termasuk bagian yang sebenarnya tidak menjadi tugas anda. Jika di perusahaan besar terdapat 1000 posisi, mungkin di perusahaan kecil cuma ada 20 posisi dan jikalah anda mempelajari apa yang dilakukan oleh rekan sekantor anda 1 hari satu posisi, misalnya dengan banyak bertanya, maka dalam sebulan anda akan mengerti keseluruhan sistim perusahaan itu. Ini akan mendorong orang untuk berpikir : kalo gitu, gua juga bisa mempunyai perusahaan seperti ini, mungkin dengan produk yang lebih sederhana.

Saya tidak menyuruh anda yang bekerja di perusahaan besar untuk berhenti lalu bekerja di perusahaan kecil. Tapi perlu disadari bahwa makin besar perusahaan, makin menjauhkan seseorang untuk jadi pengusaha. Solusinya tentu anda harus lebih giat dan banyak bertanya dan banyak melakukan hal lain untuk menuju kemandirian, dibanding dengan rekan lain yang bekerja di perusahaan kecil.

Tapi memang ada benarnya kalo berenang di kolam sendiri itu lebih nikmat.............

 

Info :

 

 

 

 

 

 

 

           Home           

           Sitemap & Artikel Lainnya           

 

 Powered by 

 mesinantrian.com 

 hitech-plaza.com 

 hitechindonesia.com