Home Article Tech Life Biz Info Link Download

AHLI  DALAM  2  TAHUN

02 Jan 2014 00:50

 

ElektraNews.Com - Ahli dalam 2 tahun

 

Ilmu, keahlian (apapun), bisa dimiliki oleh hampir siapa saja. Tapi banyak orang yang mengunci diri bahwa ia punya keahlian "ini" dan tidak mungkin punya keahlian "itu". Banyak orang yang mengatakan bahwa suatu bidang, bukanlah keahlian-nya dan masalah di anggap-nya selesai sampai di situ. Padahal, keahlian apa saja, bisa dipelajari dalam waktu rata-rata 2 tahun, misalnya jika anda belajar bahasa Rusia, maka dalam 2 tahun anda akan menguasai bahasa Rusia, walau sebelumnya anda tidak tau satu patah kata-pun.

 

Adalah benar, bahwa waktu untuk menguasai sebuah keahlian, sangat berbeda-beda untuk setiap orang yang dipengaruhi oleh banyak hal. Namun seluruh instruktur akan setuju bahwa ia akan bisa mengajarkan sebuah keahlian dalam waktu 2 tahun, walau sebelumnya calon muridnya tidak tau sedikitpun bidang yang akan di-ajar-kan.

 

Misalnya anda adalah orang Batak beragama Kristen dan ingin mempelajari Alkitab asli yang ditulis dalam bahasa Yunani atau Bahasa Romawi atau Bahasa Ibrani. Alkitab tersebut dengan mudah ditemukan di internet, cuma anda tidak menguasai bahasanya. Dalam hal ini, banyak orang menyerah, dan bilang, ya sudah, mau apa lagi, wong saya ngak bisa bahasa itu kok. Tapi tentunya dengan prinsip di atas, anda bisa belajar bahasa tersebut (tentu ke ahlinya) dan dalam 2 tahun anda akan bisa bahasa itu. Biasanya dengan kursus 2 kali seminggu dengan biaya sekian sebulan dan dalam 2 tahun, mahir.

 

Hampir seluruh keahlian bisa dikuasai dengan mempelajari-nya. Kalau belajar gratis, misalnya dengan browsing, mungkin waktunya akan mulur, kalau belajar serius ke ahlinya, mungkin akan lebih cepat menguasainya. Kalau tanpa alat bantu, sarana dan prasarana, mungkin akan lebih lama dan sebaliknya, tapi memang, hampir semua ilmu, bisa dipelajari.

 

Beberapa orang beranggapan bahwa belajar, adalah hanya duduk di bangku sekolah atau bangku kuliah.Tapi kenyataannya, dalam bidang apapun, proses belajar itu terjadi seumur hidup, sampai tua, dan kadang tidak disadari. Semua orang akan setuju bahwa ilmu yang didapat di bangku kuliah, hanya 5% dari keseluruhan ilmu yang dimiliki sekarang. Ini artinya 20 kali lipat ilmu, adalah dipelajari sesudah kuliah. Umumnya berupa pelatihan yang dilakukan perusahaan.

 

Banyak orang yang setelah pensiun, ilmu yang didapat di bangku kuliah ditambah dengan ilmu dan pengalaman yang di dapat di tempat kerja, tidak lagi bisa bermanfaat setelah pensiun atau setelah tidak bekerja di perusahaan itu dan bekerja di perusahaan lain dalam bidang lain. Ini artinya, mau atau tidak mau, orang yang hampir pensiun atau sudah pensiun dengan umur sekitar 60 tahun, juga harus belajar beberapa keahlian untuk dirinya sendiri, jika masih ingin tetap bermanfaat setelah pensiun, kecuali jika ingin cuma duduk bengong setiap hari sejak pensiun umur 55 tahun sampai mati umur 95 tahun. Waktu 40 tahun tentu waktu yang panjang jika tidak di isi dengan aktifitas yang bermanfaat untuk diri sendiri dengan tingkat keahlian tertentu yang dipelajari, hanya dalam waktu 2 tahun.

 

Home Article Tech Life Biz Info Link Download

Halaman ini sudah disesuaikan untuk view di Desktop, HP, BB, dll.

Adv : MesinAntrian.Com - HitechIndonesia.Com - Hitech-Plaza.Com