Home Article Tech Life Biz Info Link Download

Majalah Komunitas Teknik Elektro

Digital Tuner (Guitar Tuner)

05 Aug 2013 03:17

 

 

Jangan dulu kau ngaku pernah jadi anak Medan, kalo kau tak bisa main gitar. Dan setiap sebelum memainkannya, gitar perlu di stem (di tala/di tera/di stel). Dan untuk itu wajib punya digital tuner.

 

Digital tuner sendiri ukuran fisiknya sebesar kotak korek api sampai dengan sebesar HP. Pasti muat di kantong baju. Alat ini mempunyai kemampuan untuk "mendengarkan" dan memberitahu apa nada itu lebih rendah atau lebih tinggi atau sudah persis sama frekuensinya dengan salah satu nada standar not balok ( C - D - E - dst). Kalo nada lebih rendah, LED kiri akan menyala dan jarum di LCD akan miring ke kiri, jika nada lebih tinggi, LED kanan akan menyala dan jarum di LCD akan miring ke kanan dan kalau pas, maka kedua LED akan menyala dan jarum akan persis berada di tengah dan terdengar bunyi "beep" trus muncul tulisan nada itu, misalnya C (=do).

 

Di samping untuk gitar, digital tuner ini juga dibutuhkan untuk alat musik lain yang perlu di stem seperti bass, biola, dll.

 

Tentu saja kita bisa ngasi suara, bukan dari alat musik, misalnya dari bersiul atau dari lagu dari speaker. Dengan cara ini kita bisa buat not balok dari lagu yang di perdengarkan, trus bisa memainkan ulang dengan alat musik yang kita kuasai. Misalnya kalo diperdengarkan rekaman lagu ibu kita kartini dekat digital tuner, kita akan tau nada yang digunakan adalah C - D - E - F - G - E - C = I - bu - ki - ta - kar - ti - ni = do - re - mi - fa - sol - mi - do.

 

Digital tuner terdiri dari 2 macam, ada yang pake mik dan ada yang di-clip ke alat musik dan alat ini dapat nada dari getaran langsung dari alat musik. Untuk keperluan universal, sangat disarankan untuk pilih yang pake mik (jangan yang pake clip), karena bisa untuk fungsi lain, misalnya untuk mengetahui not balok dari rekaman lagu atau dari bersiul.

 

Disamping itu digital tuner dilengkapi dengan metronome yang akan mengeluarkan suara ketukan yang sangat dibutuhkan untuk memainkan gitar. Fungsi lain yang ditambahkan adalah sound, jadi kalau di set nada C, maka ia akan mengeluarkan suara, misalnya dengan frekuensi 440 Hz pas. Ini diperlukan untuk membandingkan nada.

 

Sebenarnya gitar dapat di stem dengan bantuan keyboard, tapi kadang kita memainkan gitar tidak selalu di studio musik yang kedap suara di dalam rumah kita seperti waktu kita memainkan drum atau keyboard, tapi memainkan gitar sering di tempat lain, misalnya di teras rumah. Ngak lucu aja membawa keyboard yang lebarnya satu meter lebih ke teras rumah, hanya untuk meyetem gitar.

 

Digital tuner dilengkapi dengan internal mik, internal speaker dan juga dilengkapi jack untuk external mik dan external speaker.

 

Digital tuner dapat di beli di hampir semua toko musik. Di toko musik di pinggiran kota Jakarta, harganya adalah 200 ribu atau kurang. Membeli digital tuner dengan kelengkapan / spek seperti di atas adalah sangat di anjurkan karena ada juga digital tuner yang tida pake mik, tidak pake mentronome, tidak pake jack untuk external mik dan external speaker, walau mungkin harganya lebih murah (tapi pasti lebih dari 100 ribu rupiah)

 

Sama seperti peralatan elektronik lainnya, jika battery dibiarkan tetap berada di dalam digital tuner ini, maka ia akan rusak dalam beberapa bulan pada saat tegangan battery sudah lemah, karena semua peralatan elektronik langsung rusak dengan kondisi ini. Jadi setiap selesai menggunakannya, disarankan untuk melepas battery. Agak repot memang.

 

Meskipun demikian, ada banyak cara lain untuk menyetem gitar. Orang-orang primitif, menggunakan cara-cara primitif untuk menyetem gitar yaitu tanpa bantuan digital tuner yaitu dengan bantuan kepekaan kuping untuk membandingkan nada.

 

Untuk info dan gambar lebih lanjut, silahkan searching google dengan key word "GUITAR TUNER".

 

Home Article Tech Life Biz Info Link Download

Halaman ini sudah disesuaikan untuk view di Desktop, HP, BB, dll.

Adv : MesinAntrian.Com - HitechIndonesia.Com - Hitech-Plaza.Com